0


Sunnah mengucapkan salam kepada anak kecil.

Suatu hari Udin dan rekan-rekannya hendak berjalan ke arah kos temannya yang jaraknya tidak jauh dari kampus. hanya saja jalanan yang harus mereka lewati cukup sulit karena harus melewati gang-gang sempit perumahan padat penduduk setempat.



Satu, tiga, empat belokan mereka lewati sampai akhirnya bertemu kerumunan anak kecil yang sedang bermain. Kemudian  Udin dengan gayanya yang khas mengucap salam kepada mereka, "Assalamualaikum, lagi main ya de?"

"Waalaikumusalam, Ia ka," Jawab beberapa anak saat itu pula.

Sontak bebrapa rekannya bilang, Ihhh Udin Modus, atau SKSD (sok kenal sok dekat).

waalah

Dengan senyum lebar dan bijak Udin berkata, "Teman-teman mengucap salam kepada anak kecil itu sunnah loh,bukan modus"

Nah kawan-kawan benar loh dalam beberapa Hadis, Rasulullah saw,dengan kelembutan dan kasih sayangnya beliau mengucakpan salam kepada anak-anak kecil,  yuk disimak;

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bertemu dengan anak-anak kecil lalu beliau mengucapkan salam kepada mereka. (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa mengunjungi orang-orang Anshar, lalu mengucapkan salam pada anak-anak mereka, mengusap kepala mereka dan mendoakannya. (HR An. Nasa`i, hadits hasan)

Peristiwa yang disaksikan oleh Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu ini membekas dalam dirinya, sehingga Anas pun melakukannya.

 Diriwayatkan oleh Tsabit Al-Bunani rahimahullah, bahwa dia pernah berjalan bersama Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, melewati anak-anak kecil. Lalu Anas mengucapkan salam kepada mereka, dan mengatakan:

“Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dahulu biasa melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perbuatan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ini diikuti pula oleh sahabat yang lainnya. Diceritakan oleh ‘Anbasah bin ‘Ammar rahimahullah:
“Aku pernah melihat Ibnu ‘Umar memberi salam kepada anak-anak kecil di kuttab.” (HR. Bukhari)

Semoga kita bisa mengammalkan apa yang Rasulullah saw contohkan kepada kita, terlepas dari perkembangan zaman saat ini yang menganggap itu tidak biasa atau kolot untuk dilakukan.

Wallahu A'lam

Sumber:
Postingan Fans page FB Pengen Jadi Baik dengan sedikit tambahan.

Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top