0

Khusyu’ dalam shalat adalah hadirnya  hati dan fikiran dengan apa yang sedang kita baca. Sehingga  memikirkan surga atau neraka  disaat shalat tidak termasuk khusyu’ jika bacaan kita  tidak menerangkan  tentang surga atau neraka. Adapun cara-caranya adalah :

1. Shalatlah pada waktunya (harus ada waktu khusus untuk shalat). Jangan sampai shalat kita lakukan  di sela-sela kesibukan, seperti saat masak atau yang lainnya, akan  tetapi khususkan waktu untuk sholat dan selain shalat kita singkirkan.

2. Memahami makna bacaan dalam shalat agar senantiasa hati dan akal pikiran kita dapat terkait dengan makna bacaan dan tidak melayang kemana-mana.

3. Menyingkirkan penyebab hilangnya khusyu’, seperti mematikan HP / TV. Jika kita sedang ada janji  hendaknya berpesan pada orang  untuk menunggu

4. Masuklah ke dalam sholat dengan tidak tergese-gesa dengan berwudhu secara pelan berikut mendahulukan shalat qobliah dengan pelan.

5. Jangan terburu-buru disaat hendak keluar dari sholat dengan melazimi wirid dan doa serta ditutup dengan shalat ba’diyah bagi sholat yang ada ba’diyahnya.

6. Memohonlah kepada Allah SWT agar diberi kekhusyu’an, sebab kekhusyu’an adalah karunia dari Alloh SWT.

Wallahua’lam bisshowab.

Sumber :
http://buyayahya.org/buya-menjawab/tips-agar-sholat-khusyuk-buya-yahya-menjawab.html

Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top