0
Kebumen.  RZ (Rumah Zakat) membentuk KWPL (Kelompok Wanita Pemberdaya Lingkungan) di Desa Banyurata, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen. Kelompok ini dibentuk dengan tujuan untuk menjadi pioner pelaksana program pemberdayaan para wanita di wilayah tersebut. Salah satu pemberdayaan yang dilakukan diantaranya Warung Hidup Lingkungan.

"Warga desa punya lahan luas dan subur. Tapi mau makan sayur kok harus beli. Makanya saya ingin membentuk Warung Hidup Keluarga  diawali dengan KWPL ini,” ujar Limo Endriyanto, Jumat (21/10).

KWPL mulai dibentuk sejak bulan Desember 2015. Program yang pertama dilakukan ialah pembagian 1.000 bibit tanaman untuk masyarakat. Bibit tersebut diantaranya cabe, tomat, terong, sawi, kangkung, ubi, singkong, hingga pepaya.

Selain memberdayakan Warug Hidup Lingkungan, kegiatan lain yang dilakukan KWPL diantaranya mengembangkan bank sampah, arisan, hingga majelis taklim.  Saat ini KWPL sudah memiliki balai pertemuan  yang difasilitasi oleh pihak desa.

“Sebagai ketua KWPL saya harus serba bisa. Karena saya harus bisa mengajak orang untuk menjaga kebersihan lingkungan juga berbagai kegiatan KWPL lainnya. Apalagi di rumah saya juga menjalankan usaha dan ibu rumah tangga juga,” kata Siti Masnah, Ketua KWPL. (tin)

Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top