0

Kebiasaan yang tidak bisa kita lepasakan, apalagi hampir sebagian hari kita habiskan tanpa terlepas dari smartphone atau alat elektronik lainnya. terlebih di malam hari, kebiasaan melihat smartphone di malam hari saat kondisi gelap bisa sangat membahayakan.

Cahaya yang dihasilkan smartphone adalah blue light atau cahaya biru (red) yang bisa membuat kita melihatnya walau saat matahari sedang terang benderang.

Namun ketika malam hari, otak kita akan terganggu dengan cahaya biru tersebut disebabkan cahaya tersebut seolah olah berperan sama seperti cahaya matahari. hal terseut mengakibatkan otak berhenti memproduksi hormon melatonin, hormon yang biasanya mengatur lamanya isyarat waktu tidur. cahaya smartphone juga mengganggu siklus tidur dan berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan secara serius. seperti kunapedia rangkum dari laman techinsider.oi.

Berikut penjelasannya:

1. Pola tidur yang tak teratur dapat mengganggu ingatan kita dihari berikutnya.
2. Membuat kita sulit belajar
3. Dalam jangka panjang kurang tidur bisa membangkitkan neurotoxin yang berakibat susah mendapatkan tidur yang berkualitas sama sekali.
4. Seseorang dengan hormon melatonin dapat mudah terkena depresi.
5. Juga rawan terkena obesitas
6. Beberapa bukti menyebutkan kerusakan retina juga dapat terjadi akibat paparan sinar biru
7. Terjangkit Katarak.
8. dan meningkatkana resiko terkena kangker payudara dan prostat.



Sumber: Techinsider

Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top