0


Turki. KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) mengapresiasi aksi kemanusiaan RZ (Rumah Zakat) untuk pengungsi Suriah. Setelah hampir 10 hari berada di camp pengungsi Suriah di Kota Kilis, Provinsi Gaziantep dan Provinsi Reyhanli, Turki, Relawan RZ diundang untuk bertemu dengan pejabat KJRI di Istanbul.

“Kami telah bertemu dengan pejabat KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) di Istanbul untuk menyampaikan aksi kemanusiaan yang telah kami lakukan dan juga membahas rencana program jangka panjang untuk pengungsi Suriah,” jelas Herlan Wilandariansyah, Relawan RZ, Selasa (3/1).

Sesampainya di Istanbul, Relawan RZ disambut hangat para pejabat KJRI. Mereka sangat mengapresiasi aksi kemanusiaan yang telah RZ lakukan untuk pengungsi Suriah.

“Kami sangat berterima kasih atas aksi-aksi yang telah dilakukan oleh tim Relawan RZ sebagai perwakilan Indonesia di camp pengungsi Suriah. Rencananya, kami juga akan segera ke perbatasan Turki untuk melihat langsung kondisi terkini para pengungsi,” ujar Herry Sudrajat, Consul General KJRI Turki.

Selain itu, Relawan RZ pun menyampaikan beberapa program yang sudah berjalan di Turki, salah satunya adalah program beasiswa Taruna Juara yang telah membantu 15 mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di sana.

Adapun untuk pengungsi Suriah, RZ memiliki rencana program jangka panjang lainnya yang sedang dipersiapkan, diantaranya Wisma Yatim yang sekaligus berfungsi sebagai tempat pendidikan dan pembinaan anak-anak yatim Suriah, Sekolah Darurat dan Food Truck yang akan bekerjasama dengan KJRI Turki.

“Seiring dengan terus bergejolaknya kondisi di Suriah, khususnya Aleppo, anak-anak Suriah yang menjadi yatim dan mengungsi ke Turki terus bertambah. Karenanya, kami melihat Wisma Yatim dan Sekolah Darurat menjadi program yang cukup urgent saat ini. Tak hanya membangun, tapi RZ juga berencana untuk membiayai operasionalnya,” ujar Nur Efendi, CEO RZ.



Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top