0
Hanya dalam beberapa ratus tahun saja perkembangan kota-kota di seluruh dunia begitu cepat. Lihat saja Kota Dubai, destinasi wisata dunia. Kota di mana bangunan tertinggi dunia, Burj Khalifa menjulang tinggi, dulunya hanya sebuah kota padang pasir yang panas dan tandus. 

Tentu saja perubahan yang dramatis ini ditopang dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Meski begitu tetaplah pemicu yang paling utama dari perkembangan tersebut adalah meningkatnya jumlah penduduk dan perekonomian.

Melihat perkembangan kota-kota yang begitu cepat berubah, rasa penasaran sebagian peneliti tentang gambaran masa depan kota-kota di dunia membuat banyak prediksi tentang kota masa depan bermunculan.

Salah satunya sebuah gambaran dari kota-kota di masa depan yang dibuat oleh seorang futurist dari World Academy for Arts and Science, Ian Pearson, dilaporkan dari techinsider.io.

Pada tahun 2050 kota-kota di dunia diprediksi akan terlihat seperti berikut:

1. Akan banyak bangunan tinggi menjulang setinggi langit, bahkan dijadikan landasan pacu untuk perjalanan ke luar angkasa.

Kemampuan manusia untuk membangun bangunan tinggi saat ini sangat luar biasa, akan sangat mungkin kelak bangunan tertinggi bisa menjadi landasan pacu untuk pesawat luar angkasa.



2. Akan mungkin ribuan orang hidup dalam satu bangunan besar dan tinggi yang sama.
Membludaknya populasi akan menjadi masalah di masa depan. Solusinya adalah menciptakan kota mini yang ada di dalam satu gedung pencakar langit.


3. Akan ada hotel dan destinasi wisata bawah laut. Samsung, melaporkan bahwa rumah bawah air akan terwujud di masa depan. Tentu dengan biaya yang tidak sedikit.

Namun hal ini akan sangat mungkin terwujud jika dijadikan destinasi wisata.


4. Men-charge peralatan elektronik di gedung-gedung masa depan akan sangat mungkin dilakukan tanpa kabel, cukup dengan gelombang radio.


Ada banyak inovasi dan pengujian yang dilakukan terkait pengadaan teknologi semacam ini. Seperti dilaporkan the Wall Street Journal.

Jalan raya akan men-charge mobil elektrik ramah lingkungan saat berkendara
Para peneliti juga memprediksi di masa depan jalan raya saat ini akan tergantikan oleh jalan yang bisa melakukan penchargeran kendaraan saat kendaraan melaju. Faktanya di Inggris teknologi semcam ini sudah pernah di uji coba.

*Kun

Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top