0
Teori gatekeeping

Gatekeeping istilah yang pertama kalidigunakan oleh Kurt Zadek Lewin (1890-1947), lahir di Jerman. Dia adalah seorang Psikolog besar dan pelopor dalam Psikologi Sosial. Dia mengembangkan konsep di bidang psikologi disebut psikologis "lapangan" dan "ruang hidup", untuk memahami perilaku manusia dan pertimbangan yang penting dari total ruang hidup. Studinya lebih didasarkan pada memahami keperibadian, fisik, mental dan sosial. 

Teori Gatekeeping. digambarkan sebagai pintu masuk yang memblokir hal-hal yang tidak diinginkan atau tidak berguna dengan menggunakan gerbang. dan orang yang  melakukan pemblokiran tersebut disebut "Gatekeeper". Pada awalnya, teori ini secara luas digunakan dalam bidang psikologi dan kemudian menempati bidang komunikasi. Dan sekarang malah menjadi salah satu teori penting dalam studi komunikasi.

konsep:



Gatekeeper memutuskan informasi apa yang harus pindah ke kelompok atau individu dan apa informasi yang tidak seharusnya di terima kelompok atau individu. Disini, gatekeeper adalah pengambil keputusan yang membiarkan sistem bekerja secara keseluruhan.

gatekeeper memiliki pengaruh tersendiri dalam segi sosial, budaya, etika dan politik. Berdasarkan pengaruh pribadi atau sosial mereka akan membiarkan informasi masuk ke grup/individu. melalui proses ini informasi yang tidak diinginkan akan di buang karena tidak sesuai dengan pandangan yang dianut gatekeeper.

Dalam perumpamaan, proses gatekeeping ibarat seoerang ibu yang menghidangkan masakan didapur, ia menghidangkan masakan yang ia anggap baik dan menghindari menghidangkan masakan yang gosong atau tidak baik untuk keluargannya. 

Dalam media Editor memainkan peran penting. Dia harus memutuskan apa berita yang akan diterbitkan dan apa yang tidak=. Setiap hari saluran berita menerima berbagai berita dari seluruh dunia. saluran memiliki etika dan kebijakan sendiri melalui ini editor memutuskan berita mana yang baik untuk diterbitkan. Dalam beberapa kasus beberapa berita ditolak oleh editor karena kebijakan organisasi atau berita yang tidak cocok untuk dipublikasikan.


Sumber: http://communicationtheory.org/gatekeeping-theory/



Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top