0

Oleh : Cristy Az-Zahra

Semakin canggih teknologi informasi, serta bermacam-macam media sosial abad ini, membuat banyak muslimah meninggalkan rasa malu.

Banyak sekali ujian yang dihadapi oleh muslimah di akhir zaman ini. Salah satunya adalah teknologi informasi. Memang, teknologi informasi banyak manfaatnya. Namun, tidak sedikit pula dampak negatif yang ditimbulkan.

Semakin canggih teknologi informasi, serta bermacam-macam media sosial abad ini, membuat banyak muslimah meninggalkan rasa malu. Berfoto selfie misalnya. Mereka dengan bangga meng-upload foto-fotonya di media sosial, dan dinikmati oleh siapa saja. Termasuk dinikmati oleh yang bukan muhrimnya.

“Akhwat di sini rata-rata memilki lebih dari satu akun media sosial ya? Biasanya suka nge-upload foto apa saja? Ada yang suka upload foto selfie tidak?” kata Ustazah Erika, ketika memulai tausiahnya dalam acara Malam Muhasabah Muslimah di Masjid Daarut Tauhiid, pada Sabtu (9/4).

Menurutnya, selfie lebih baik dihindari. Sebab, selfie tidak ada manfaatnya, bahkan cenderung banyak mudharat atau kerugiannya. “Kita harus berusaha menjaga kemuliaan diri. Jangan bangga foto selfie kita bertebaran di mana-dimana. Dinikmati oleh siapa saja,” jelasnya.

Umumnya, orang setelah selfie akan kagum dengan dirinya sendiri. Kemudian meng-uploadnya ke media sosial dengan harapan dishare, dilike, dan sebagainya, khawatir jatuhnya ke pamer dan sombong. Memang urusan niat itu yang tahu hanya masing-masing. Tapi, kalau bisa dihindari, lebih baik dihindari.

“Ujian di akhir zaman ini banyak sekali. Semoga para muslimah dapat melaluinya dengan nilai terbaik di mata Allah SWT. Semoga kita semua dapat memasuki surga-Nya tanpa transit terlebih dahulu ke neraka,” pungkasnya.

Posting Komentar Blogger

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar. Komentar yang profokatif, kasar atau mengandung unsur SARA akan kami hapus. Terima Kasih

 
Top